Sumardi Noor, Resmikan Sekertariat Asosiasi P4S Kabupaten Nganjuk

Bagor, KabarNganjuk.com- Asosiasai Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Kabupaten Nganjuk resmi menempati kantor baru di Jl. Arumdalu Desa Gandu Kecamatan Bagor Nganjuk pada Kamis (09/01/2020).

Peresmian tersebut dihadiri Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian BBPP Ketindan Malang Sumardi Noor, Joko Dinas Pertanian, Sekretaris FK Jatim Tarwa Mustofa, Puspito Ketua Asosiasi P4S dan seluruh P4S se- Kabupaten Nganjuk.

Dalam sambutannya, Sumardi Noor mengatakan bahwa, berdasarkan SK Kepala Badan nomor 141/Kpts/OT.020/I/08/18 tentang pembangian wilayah kerja unit pelaksana teknis pelatihan lingkup Badan penyuluhan dan pengembangan sumber daya manusia pertanian tanggal 16 Agustus 2018, disampaikan bahwa P4S Provinsi Jawa Timur menjadi binaanya BBPP Ketindan.

Puspito dan Ketua Balai Sumardi Noor.

Karena itu, menurut Sumardi Noor BBPP Ketindan telah mengalokasikan anggaran untuk kegiatan P4S, hal ini sebagai bentuk tanggung jawab kami untuk melakukan pembinaan kepada P4S di Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan yang dimaksud pertama pemberdayaan masyarakat petani berupa keikutesertaan Penas di Sumatra Barat yang akan diselenggarakan pada Juni 2020.

Kedua Penumbuhan dan pengembangan P4S berupa bantuan sarana prasarana pembelajaran terhadap 21 unit P4S dan yang ketiga adalah klasifikasi dan reklasifikasi P4S.

Dirinya mengaku telah telah berkirim surat ke Dinas Pertanian seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur untuk mengusulkan P4S baru. Selanjutnya akan dilakukan identifikasi dan klasifikasi untuk usulan P4S baru tersebut dan juga akan dilakukan relaksifikasi untuk P4S yang telah habis masa sertifikatnya.

Selain itu, pada tahun 2020, BBPP Ketindan juga mempunyai Pelatihan Kewirausahaan bagi petani muda sebanyak 60 orang direncanakan sasaran peserta tersebut akan diambil dari petani – petani millenial yang sudah mengikuti pelatihan di P4S di P4S Jawa Timur.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Puspito Ketua Asosiasi P4S mengatakan bahwa ada 23 P4S di Kabupaten Nganjuk yang tergabung dalam asosiasi ini, dan masing – masing memiliki bidang garap sendiri – sendiri, ada peternakan, horti, pembenihan, budidaya pertanian dan lain sebagainya, berharap dengan adanya sekretariat asosiasi ini maka kinerja P4S akan lebih optimal, karena selama ini P4S Nganjuk mulai melakukan kemitraan dengan Pemerintah Desa dalam penyerapan dana desa bidang pemberdayaan.(Nur)

Joglo Nganjuk, 09-01-2020


,



Sistem Informasi P4S, 23-09-2019 //