Kembangkan Sapi Brahman Cross, P4S Ushuluddin Siap Dukung Ekspor Daging Sapi Tanah Laut

PELAIHARI, MK - Mengawali tahun 2020, Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si melakukan kunjungan sekaligus pembinaan ke Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Ushuluddin di Kabupaten Tanah Laut, Kamis (9/1/2020).

Asal mula P4S ini berdiri dimulai dari bantuan program LM3 tahun 2007 atas rekomendasi dari BBPP Binuang. Ketika itu masih dimanfaatkan untuk penanaman pohon karet.

Pada mulanya P4S Ushuluddin merupakan Pondok Pesantren sampai sekarang, yang tidak memiliki pengalaman di bidang pertanian.

Berkat bimbingan BBPP Binuang, selain membudidayakan karet sekarang telah mengembangkan sapi Brahman Cross atas bantuan dari pemerintah Australia. Kini dari 100 ekor menjadi 230 ekor yang digembalakan di lahan seluas 600 hektare di Kabupaten Tanah Laut. 

Yulia dalam menyampaikan, P4S mulai saat ini dalam membangun usaha perlu berorientasi ekspor. Untuk mewujudkan ekspor maka perkuat jejaring kerjasama dengan petani dan kelompok-kelompok tani dan membina kelompok tani yang kurang aktif agar mereka termotivasi untuk mengolah lahannya menjadi lahan produktif.

“Saat ini P4S harus mampu mengkoordinir hasil usahatani mereka untuk diekspor," ucap Yulia.

 Pada kesempatan ini, Ketua P4S Ushuluddin, Husni Tamrin menegaskan siap menjadi pendamping kelompok tani untuk mengembangkan ternak sapi.

Husni yakin mampu menyediakan  500 ekor sapi untuk diekspor dagingnya dengan dukungan dari Pemerintah daerah dan pusat.[yulia]

Ushuluddin, 09-01-2020


,



Sistem Informasi P4S, 23-09-2019 //