Alumni Magang P4S Buana Lestari Ciptakan Inovasi Tabela

Alumni Magang P4S Buana Lestari Ciptakan Inovasi Tabela

March 6, 2020 Pertanian & Perkebunan25 Views

Prambon, KabarNganjuk.com- Sulitnya mencari tenaga tanam selama proses penanaman padi bisa menjadi beban tersendiri bagi para petani. Beberapa petani ada yang pasrah dengan keadaan, namun juga masih ada petani yang memanfaatkan kesulitan tersebut untuk menciptakan sebuah inovasi.

Seperti yang dilakukan H. Muryadi warga Desa Kedung Malang Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk yang merupakan alumni magang P4S Buana Lestari Desa Betet Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk. Pasalnya H. Muryadi melakukan teknologi budidaya padi TABELA (Tanam Benih Langsung) dengan alat sederhana rakitan sendiri yang di rekayasa dengan bantuan anaknya.

H. Muryadi membuat inovasi tersebut karena sulitnya mencari tenaga tanam padi dan semakin tingginya biaya sarana budidaya padi, lalu muncul di pikiran Muryadi untuk belajar dan belajar.

“Dengan menggunakan alat ini kami bisa melakukan sendiri bersama keluarga anak dan istri saya serta bisa menghemat biaya tanam padi mulai dari pembenihan, ndaut (proses cabut penyemaian padi: red jawa) mbanjari (bentang lurus media tanam: red jawa), pindah tanam.” Kata H. Muryadi.

“Dan nantinya biaya itu akan kami cadangkan untuk biaya pengendalian gulmanya serta pembelian pupuk lanjutnya.” tambahnya.

Dengan teknik budidaya, cara ini di anggap nyleneh oleh warga di sekitarnya sehingga banyak yg menyemooh sebab tidak sesuai dengan kebiasaan budaya Petani didesa tersebut. Sehingga diperlukan kesabaran ketekunan dan nekat agar berhasil.

Yang perlu diperhatikan dalam menggunakan cara ini adalah kondisi lahan harus tidak tergenang air pada awal pertumbuhan sehingga benih padi tidak mati, seperti merawat benih padi di pesemaian pada umumnya.(Nur) 

Buana Lestari, 06-03-2020


,



Sistem Informasi P4S, 23-09-2019 //