BAWANG MERAH

Tanaman umbi dengan bahasa latin  Allium cepa L. var. Aggregatum ini sudah terkenal di penjuru dunia. Meski berbentuk umbi dengan bau yang menyengat tanaman bawang merah ini banyak sekali kegunaanya. Mulai dari pelengkap bumbu dapur sampai kesehatan. Bawang merah sangatlah tidak asing bagi ibu-ibu yang menyukai masak didapur manfaat bawang merah disini bisa d gunakan sebagai bumbu – bumbu segala macam masakan nusantara hingga internasional. Sedangkan untuk kesehatan bisa buat menolak masuk angin yaitu dengan cara di kerokkan atau dibalurkan.

Cara berbudidaya bawang merah itu sendiri bisa dibilang gampang-gampang susah, akan tetapi bagi pengurus P4S Tani Makmur Jaya Desa Gogodeso kecamatan Kanigoro Bapak Sumidi  tidaklah sulit baginya untuk membudidayakan bawang merah.

Sedikit kami berbagi ilmu menanam bawang merah :

Bajak sawah terdahulu supaya tanah menjadi gembur, kemudian tanah dibentuk gundukan kemudian berikan plastik di atasnya seandainya tidak menggunakan tutup plastik tidak ada masalah. Akan tetapi tujuan menggunakan plastik yaitu guna mengurangi penguapan air ketika siang hari yang mengakibatkan unsur kelembaban tanah berkurang , dan apabila musim hujan tiba plastik untuk melindungi air yang akan meresap ke dalam tanah yang membuat keasaman tanah naik. Setelah gundukan jadi. Pilih biji umbi yang hendak d tanam yang sudah melewati masa tidur kedua, kemudian di potong pada pangkal daun, lalu di tanam. Untuk didaera yang airnya sangat minim bisa dilakukan pengairan selama 4-5 hari sekali atau gundukan d buat agak tinggi sehingga selokan bisa menampung air yang bisa digunakan menyiram setiap hari.

 

Tani Makmur Jaya, 09-03-2020


,



Sistem Informasi P4S, 23-09-2019 //