Sintanur

Adalah Jenis Padi yang beraromatik wangi yang sangat banyak diminati oleh khalayak ramai. selain wangi padi sintanur akan pulen apabila diolah. sehingga akan menambah nafsu makan bagi yang mengkonsumsinya, selain aromanya yang khas wangi padi jenis sintanur juga memiliki kandungan gizi yang lumayan komplit dibutuhkan oleh tubuh

Seperti dilansir Boldsky, ada beberapa kandungan gizi serta fakta yang ada pada beras. Berikut ini ulasannya.

1. Serat

Beras merah mengandung 1,8 persen serat, sedangkan beras putih memiliki 0,3 persen serat. Satu cangkir beras merah direbus memiliki 3,5 gram serat. Pati yang tahan ditemukan di beras. Sayangnya, pati ini membantu memberi makan bakteri menguntungkan dalam usus sehingga merangsang pertumbuhan mereka.

2. Vitamin dan Mineral

Banyak vitamin dan mineral dalam beras merah, bukan nasi putih. Vitamin dan mineral seperti mangan, selenium, tiamin, niacin, magnesium, dan tembaga hadir dalam beras merah. Tiamin adalah vitamin B yang membantu metabolisme karbohidrat, dan magnesium membantu dalam ratusan reaksi enzim yang terlibat dalam sintesis DNA. Mangan membantu metabolisme karbohidrat dan protein.

3. Karbohidrat

Karbohidrat hadir dalam beras terutama dalam bentuk pati. Ini menyumbang hingga 90 persen dari total berat kering dan 87 persen dari total konten kalori. Pati terdiri dari rantai panjang glukosa yang dikenal sebagai amilosa dan amilopektin. Beras seperti basmati tinggi amilosa yang tidak menempel setelah dimasak.

4. Senyawa tanaman lain

Beras berpigmen merupakan varietas merah kaya akan antioksidan. Asam fitat adalah antioksidan yang ditemukan pada beras merah. Lignan ditemukan dalam dedak padi; asam ferulic juga antioksidan kuat lainnya yang ditemukan dalam dedak padi dan 2-asetil 1-pyrroline (2AP) bertanggung jawab untuk rasa dan aroma beras wangi seperti beras Jasmine dan basmati.

Bedasarkan sumber dari : sindonews

Tani Makmur Jaya, 28-04-2020


,



Sistem Informasi P4S, 23-09-2019 //