Sekilas P4S

Organisasi ini bernama FORUM KOMUNIKASI PUSAT PELATIHAN PERTANIAN DAN PEDESAAN SWADAYA disingkat FK-P4S. FK-P4S didirikan pada tanggal 22 Oktober 2001 bersamaan dengan penyelenggaraan PENAS X di Kabupaten Tasikmalaya Propinsi Jawa Barat, untuk masa waktu yang tak terbatas. Pusat organisasi ini berkedudukan di Ibu Kota Negara Republik Indonesia, JAKARTA. Status FK-P4S adalah sebagai wadah berhimpun para pengelola Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S).

P4S mempunyai potensi yang cukup besar bagi pembangunan nasional, P4S berasal dari, oleh dan untuk masyarakat yang berbasis di pedesaan. Oleh karena itu upaya-upaya pemberdayaan perlu lebih ditingkatkan, agar mampu menghadapi tantangan baik masa kini maupun yang akan datang.

Arah pembangunan sumber daya P4S bertitik pada upaya peguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta berakhlaq mulia agar memiliki kemampuan dan semangat membangun serta memperkokoh Kesatuan dan Pesatuan Bangsa, bahkan diharapkan menjadi benteng terdepan untuk ketahanan perekonomian nasional.

Sejarah kehadiran Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) digagas pada saat penyelenggaraan Penas V di Lampung Tengah pada tanggal 20 – 25 Agustus Tahun 1983, saat itu tercetusnya gagasan awal mengembangkan pelatihan dan magang oleh dan untuk sesama petani-nelayan. Sejak itu sejumlah petani-nelayan mulai mempelopori penyelenggaraan magang dirumah masing-masing. Pada awal tahun 1990 an disepakati nama pelatihan/magang tersebut dengan nama Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) oleh Bapak Ir. Syamsuddin Abbas.  Pada akhir tahun 1993 P4S yang tumbuh hanya 14 P4S di 10 Provinsi, dua tahun kemudian yaitu pada tahun 1995, jumlah P4S meningkat menjadi 46 P4S di 20 Provinsi dan demikian seterusnya jumlah P4S selalu bertambah. Pada tanggal 22 Oktober 2001 bersamaan dengan PENAS X di Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat, kami menggagas terbentuknya wadah bersama P4S seluruh Indonesia dengan nama  FORUM KOMUNIKASI PUSAT PELATIHAN PERTANIAN DAN PEDESAAN SWADAYA (FK-P4S).

Tujuan awal berdirinya organisasi ini adalah meningkatkan jejaring kerja (silaturahmi) antar P4S seluruh Indonesia, menyalurkan aspirasi anggota (P4S) kepada Pemerintah dan membantu Pemerintah dalam menumbuh kembangkan P4S di seluruh Indonesia. Untuk memperkuat organisasi FK-P4S, maka dibuatlah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumahtangga, sehingga diharapkan dapat dimanfaatkan oleh P4S di seluruh Indonesia.

Seiring dengan berhasilnya pola penyelenggaraan pelatihan magang dari, oleh dan untuk sesama petani, kehadiran P4S, FK-P4S dan Perintah sangat membantu dalam menumbuh kembangkan P4S, hal ini terbukti dengan meninggkatnya jumlah P4S hingga akhir tahun 2013 berjumlah 963 P4S menyebar di 34 provinsi.

Sistem Informasi P4S, 23-09-2019 //