Susanto, Pertanian Terpadu Sebagai Pondasi Pertanian Kedepan

KabarNganjuk.com- JPL (Joglo Pangan Lestari) yang mengandung arti tempat pertemuan sumber nutrisi yang dibudidayakan secara berkelanjutan. Demikian disampaikan Ketua P4S Joglo Nganjuk Susanto sebagai perancang konsep JPL yang bertempat di Desa Gandu Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk yang barusan merilis pertanian terpadu sebagai pondasi pertanian kedepan.

Kepada KabarNganjuk.com Susanto menjelaskan, JPL merupakan suatu sistem integrasi budidaya dalam satu tempat, dimana sistem JPL menggabungkan antara perikanan, peternakan dan tanaman sayur sebagai sumber pangan keluaraga.

Budidaya JPL Ini di lakukan di dalam grend hous diatas lahan 7×14 m2 dimana terdapat meja apung yang dibawahnya dibuat kolam ikan lele dan nila serta gurami dan diatas meja apung dibuat budidaya tanaman sayur degan media air, ikan nilla dibudidaya di bawah apung sebagai pemakan lumut di akar tanmaan yang dibantu mengunakan pompa air untuk memutar air. Sehingga dengan air mengalir kehidupan ikan juga sehat alias kesit.

Konsep JPL ini juga memanfaatkan limbah akar tanaman dan limbah tanaman sebagai tambahan pakan ikan gurami, sebagian diubah menjadi protein hewani yaitu dengan mengembangkan lalat BSF sebagai indukkan maggot yang nanti maggot itu untuk tambahan pakan Ikan lele dengan protein tinggi. Sehingga konsep JPL ini sudah tidak ada limbah yang terbuang semuanya bisa dijadikan uang.

JPL ini kedepan sebagai industri pertanian masyarakat desa dikarenakan konsep ini akan terus berjalan karena media air yang terus menerus bisa menghidupi antara beberapa macem ikan dan tanaman yang bisa kita panen. Sehingga tanaman dan ikan akan mudah di program sesuai kebutuhan masyarakat.

Selain itu, JPL  juga akan membantu pemulihan stanting dalam hal pemenuhan gizi, karena bisa menjadi penopang nutrisi keluarga yang dibudidayakan secara organik. Sekaligus konsep JPL Ini selain padat karya juga efisien tempat, tenaga, perawatan jadi satu tempat, pungkas Susanto.

Dalam kunjungan kerjanya Wakil Bupati Marhaen Djumadi sangat mengapresiasi atas hasil rancangan Susanto  ini, dan beliau mengumpakan apabila per RT sudah buat JPL maka akan sangat membantu kebutuhan pangan. “Saya sangat mengapresiasi sekali dengan perancang JPL, karena ini sangat mendukung program Nganjuk sehat,” ungkap orang no 2 di Nganjuk ini.(Nur)

Joglo Nganjuk, 26-10-2019


,



Sistem Informasi P4S, 23-09-2019 //